Kilat

Induksi menjelaskan berbagai peristiwa alam. Salah satu peristiwa induksi yang paling jelas adalah guntur, yang biasanya terjadi pada hari-hari yang panas dan lembap. Induksi ini disebabkan oleh naiknya udara dengan cepat. Saat udara hangat dan lembap mengalir keatas, udara itu akan didinginkan oleh terjaadinya ekspansi, sehingga mulai mengembunlah uap air didalamnya menjadi butir-butir air. Pengembunan ini melepaskan panas, selanjutnya memanaskan udara, dan memberikan dorongan air yang mengembun.

Waktu tetesa-tetesan air jatuh melalui massa udara yang naik dengan cepat, gesekan dengan udara memecahkan sebagian tetesan-tetesan itu menjadi hembusan atau kabut. Dalam proses itu timbul muatan listrik. Tetesan-tetesan air yang jatuh ke bagian bawah awan mempunyai muatan negatif, butir-butir halus yang menyebar kebagian bawah awan lainnya yang muatannya berlawanan dan muatan-muatan itu menjadi netral. Rangkaian bunga api semacam itu disebut kilat. Pada kejadian lain, muatan pada suatu awan akan menginduksi muatan-muatan yang berlawanan (positif dan negatif) terhadap benda-benda dibawahnya (di bumi).

Jika muatan awan meningkat, atau jarak awan ke bumi mendekat, besarnya muatan induksi pada suatu benda naik sehingga suatu bunga api melompat antara awan dan bumi untuk menetralkan muatan itu. Keluarnya bunga api semaam itu juga disebut kilat. Awan dan bumi seperti dua konduktor dari sebuah kondensor dan udara seperti dielektrik yaitu isolator. Jika kilat terjadi, berarti udara tidak cukup mengisolasi kedua muatan itu agar tetap terpisah.

(from: Ilmu Pengetahuan Populer)
Iklan

61 comments on “Kilat

  1. wah ternyata kilat juga bisa dilogika yaw heheh…

    kirain sudah kilat yaw kilat gitu hehehhe

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihhh

    n tolong commeng na di approve yaw gak tau napa meski comeng q masuk ke spam tengkyu

  2. fenomena alam adalah pelajaran bagi kita semua
    semoga kita bisa mengambil hikmah dari alam semesta
    salam sukses, kang, akhirnya ngupdate juga…

    sedj

  3. Assalaamu’alaikum

    Penjelasan Dede berhubung dengan guntur dan kilat di atas dapat menggambarkan bagaimana ia berlaku secara alamiahnya supaya kita berhati-hati dengan sesuatu yang kita bawa semasa berhadapan dengan fenomena alam yang selalu menakutkan kita jika terkena sebatannya.

    Dari sudut rohaniahnya pula, perlu kita ketahui ada pesan yang disampaikan oleh Pencipta kilat tersebut untuk diteladani dan disempadani oleh manusia sehingga banyak hal-hal yang menakut juga mengkagumkan di sebalik kejadiannya.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak, MALAYSIA.

  4. artikel yang mengingatkan kembali masa-masa belajar dulu yang sekarang terjamah lagi melalu blognya kang Dede.
    Hatur nuhun Kang.
    Salam hangat selalu πŸ™‚

  5. Awas Kang ada kilat, biasanya engga lama akan terdengar guludug (suara guntur)… Kalau engga salah, itu pembuktian kalau kecepatan cahaya lebih cepat dibandingkan kecepatan suara… Leres teu kang? hilap deui pelajaran fisika… πŸ˜€

  6. Akhirnya bisa juga BW nih…
    dah lama banget ga berkunjung n mapir ke rumah saudara2 nih…

    ternyata lama ga berkunjung, aku ketinggalan nih sama kalian…
    maklum gi banyak banget kerjaan n kesibukan, jadinya jarang banget deh mw BW..

    sekarang sih dah bisa BWan tiap hari, sekaligus nyambung silaturahmi lagi nih, dah lama ga ngobrol n nyoret2 di blog orang, kangen banget rasanya hehehe…

    nyambung tali silaturahmi sekalian promo usaha baru nih…
    yah usaha kecil2an sih, cuma bisa mendapatkan keutungan yg lumayan besar juga sih ;))

    salam kenal

    bisnis oriflame online

  7. baru tau dgn lengkap ttg kilat setelah baca disini.
    jadi kalau tempat yg sering ada kilatnya, berarti kelembabannya tinggi ya Mas Dedekusn.
    apakah lapangan yg terbuka, seperti sawah juga termasuk tempat yg disenangi kilat ? krn sering ada berita orang tersambar petir disana.
    maaf banyak tanya, jadi merepotkan.
    salam.

  8. Mas saya bole tanya gk?
    pertanyaan gini
    mas kan tadi tulis gini “Waktu tetesa-tetesan air jatuh melalui massa udara yang naik dengan cepat, gesekan dengan udara memecahkan sebagian tetesan-tetesan itu menjadi hembusan atau kabut. Dalam proses itu timbul muatan listrik.”
    tuh ada kata ” Dalam proses itu timbul muatan listrik.”
    bisa di jelaskan bagaimana muatan listrik itu bisa ada?(secara terperinci) misalnya apa reaksi reaksi nya pada saat tetesan air bergesekan dengan massa udara sehingga bisa menghasilkan muatan listrik…
    hanya itu mas…
    kalau sekiranya terjawab dan saya puas akan jawaban nya saya ucapkan Terima Kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s