Nasihat dalam dongeng

Ada seekor kumbang yang secara kebetulan bertemu dengan seonggok kotoran sapi. Ia bersenang – senang dan merasa enak didalamnya. Kemudian dia mengundang teman – temannya untuk bergabung membangun desa disana. Setelah bekerja keras tanpa mengenal lelah selama berhari – hari, mereka berhasil membangun sebuah “kota” didalam onggokan kotoran sapi.

Mereka sangat bangga dan gembira atas keberhasilan tersebut, dan memutuskan mengangkat kumbang pertama sebagai raja. Untuk menghormati raja baru, mereka merencanakan suatu parade megah berkeliling “kota”. Pada waktu parade agung itu berjalan, seekor gajah lewat dan melewati kotoran sapi. Gajah itu melangkahkan kakinya diatasnya. Raja kumbang yang melihat kejadian itu langsung marah dan membentak gajah.

“Hai kamu! Tak ada rasa hormat pada raja? Sungguh keterlaluan engkau melangkahkan kaki diatas kepala raja. Minta maaf sekarang juga atau kau ku hukum”.

Gajah itu melihat kebawah dan berkata, “Yang Mulia, hamba mohon ampun”. Lalu ia berlutut diatas kotoran itu; meratakan raja, kota, penduduk, dan keangkuhan menjadi satu.***

Hikmahnya????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s