Susu Obat Stress

susu obat stress

susu obat stress

Susu sangat banyak manfaatnya. Susu yang biasa dikonsumsi oleh bayi, anak-anak, remaja, dewasa, bahkan manula, baik laki-laki maupun perempuan, kini susu diyakini dapat meredakan stres.

Susu tidak hanya bermanfaat secara fisik bagi tubuh. Lebih dari itu, susu juga bermanfaat bagi kondisi psikologis individu. Riset terakhir mencatat, protein yang ditemukan di dalam susu ternyata ampuh untuk meredakan stres.

Protein yang dimaksud yang adalah lactium, yang tampak memiliki efek menenangkan pada tubuh dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi level kortisol dan hormon yang dilepaskan ketika tubuh mengalami stres.

Protein bernama lactium itu merangsang produksi melatonin dalam tubuh. Hormon ini bersifat penenang. Maka, mengkonsumsi susu dapat membantu seseorang jauh lebih tenang. Para peneliti sebenarnya sudah mempelajari kemampuan susu untuk mengusir stres sejak lebih dari 20 tahun lalu.

Penelitian yang dilakukan berangkat dari pengamatan yang sangat sederhana, yaitu bahwa bayi menjadi tenang dan cepat tertidur setelah minum susu. Pertanyaannya, bisakah hal ini diterapkan pada orang dewasa?

Jawabanya adalah bisa. Namun, karena sistem pencernaan manusia dewasa lebih matang, maka perlu meminum susu dalam jumlah besar untuk mendapatkan keuntungan yang sama.

Seperti diketahui, berbagai jenis susu kini beredar di pasaran. Umumnya, susu seperti jenis full cream mengandung 4% lemak dan vitamin A serta D.

Jika Anda tak mau gemuk, pilih susu rendah lemak dengan kandungan lemak hanya 2 %, atau susu skim, kandungan lemaknya kurang dari 1 %. Susu yang diperkaya kalsium biasanya juga telah dikurangi kandungan lemaknya. Cara mengkonsumsinya pun diusahakan dalam kondisi tawar sebab tidak ada tambahan gulanya.

Bagi Anda berusaha keras menjalankan diet bisa mengkonsumsi susu dengan CLA (Conjugated Linoleic Acid). Susu jenis ini membantu pembentukkan otot dan mempercapat pembakaran lemak. Sementara bagi anda yang terhitung pribadi hemat bisa memilih susu kental,

Apabila Anda yang tidak suka susu, konsumsilah makanan hasil olahan susu semisal keju, yogurt, es krim, susu kental, atau susu kedelai. Anda dapat mengkonsumsi 200 gram yogurt atau 200 gram es krim sebagai ganti 3 gelas susu.

Jadi bagi individu dewasa, janganlah kalah dengan si kecil. Karena mengkonsumsi susu secara teratur memberikan manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan fisik dan psikologis.

Sumber

______________________________________________________

Tulisan terkait :

Iklan

191 comments on “Susu Obat Stress

  1. salam pagii met pagii
    kang dede senyum dun…
    makasiih^^
    πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
    πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
    πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
    πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ 😳 πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
    πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
    πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
    πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
    πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

  2. Assalaamu’alaikum

    Wah… minuman yang sangat saya gemari. Sesunguhnya meminum susu ini juga adalah sunnah Nabi saw kerana susu adalah minuman kesukaan Rasulullah saw. Khasiatnya telah lama terbukti. Ia meredakan ketegangan minda dan jiwa.

    Saya biasanya mengambil minuman susu rendah lemak dalam kadar 1 litre sehari dan sangat suka minum susu pada waktu malam sebelum tidur kerana ia dapat menjadikan tidur saya lena dan nyaman… he..he.. seperti dialog iklan sahaja bicara ini.. πŸ˜€

    Terima kasih dedekusn akan kongsian info berkhasiat ini. Salam hangat selalu. πŸ˜€

  3. Saya jarang banget minum susu. Harus mulai dibiasakan lagi kali ya !!! Manfaatnya ternyata banyak banget.
    Hatur nuhun Kang Dede, telah mengingatkan saya πŸ™‚

  4. πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

    RAIHLAH β€œJATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  5. πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  6. Ping-balik: ngeBlog itu walaupun, bukan karena…. « Biar sejarah yang bicara ……..

  7. @Kang DedeKusn
    Jadi inget statement Neng Ria (hindu)
    __________________________
    Ψ­ΩŽΩ†ΩΩŠΩΩ‹Ψ§ // Desember 26, 2009 pada 10:18 am | Balas

    @mba Ria
    Seperti halnya anda bisa mengerti apa sebenarnya susu yang enak itu hanya dengan meminumnya, bukan dengan meraba, mencium ataupun melihatnya.
    __________________
    πŸ˜€ hihihi… jadi malu euy… tapi demi kebenaran biarlah sayah ungkapkan perasaan hati ini.

    ** disensor ahhh… :mrgreen: **

  8. yang jelas, minum susu bikin kenyang dan rasanya enak… yang jadi obat stress mungkin wadah susunya… huehehehe… salam susu…

    sedj

  9. Alhamdulillah, bunda suka susu dengan semua produk turunannya, yoghurt, keju , juga es krim terlebih dgn susu kedelai, wah, itu sih udah jadi konsumsi sehari2.
    Terima kasih utk infonya Mas Dedekusn.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  10. oh iya, sudah lama tak minum susu, kemarin2 sering minum susu kambing berharap bisa tambah sehat dan biar sembuh batuknya.. sekarang lagi batuk lagi.. jadi ingat.. coba nanti beli deh.. kalau sempat .. setelah berbuka..atau besok aja ya..

  11. selamat malam kang…maaf baru sempat berkunjung πŸ˜€

    susu ternyata memang banyak banget manfaatnya yach…selain untuk kesehatan juga untuk pikiran…apalagi streess penyakit yang lagi banyak banget merajalela yach..

    tapi kalo yang nga suka susu alternatif lainnya apa kang???

  12. Setiap membaca kata susu atau mendengar sesorang menyebut susu, perasaan saya kok jadi gimanaaaa gitu.
    Saya termasuk bukan penggemar susu. Jika harus, maka susu itu saya tambahi sedikit kopi atau cream.
    Saya nggak suka susu asli baik botolan,kalengan maupun kotakan. Kalau kemasan yang darin Tuhan kayaknya lahap=lahap saja ( waktu kecil lhooooo)
    Susu memang menyehatkan, tapi sekarang kok mahal ya..
    Nyusu dulu achhhhhh.
    salam hangat dari Surabaya

  13. Assalamu’alaikum pertamaΒ² saya mau mengucapkan kata maaf karena beberapa hari ini saya jarang onlen dan bahkan akan sering boss karena rutinitas saya sekarang banyak menyita waktu saya harus bulak balik Bandung-Surabaya demi tuntutan tugas dari kantor sekali lagi mohon maaf.

    Salam sukses n ay lap yu pulll

  14. Assalaamu’alaikum nanda Dedekusn

    Bunda berkunjung untuk bertanya khabar di sana? Mudahan sihat dan menjadikan minuman susu sebagai pilihan untuk kedamaian minda. Salam mesra dari Bunda di Sarikei, Sarawak, Malaysia.

  15. susu emang obat stress hehehe.. susu sapi, susu cap “nona”, susu kambing, susu kaleng smuanya bs ngilangin stress.. tp bisa buat badan jadi gemuk hehe..
    salam kenal

  16. Ping-balik: Award Tutup Tahun | cas on the blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s