Komet McNaught vs Komet Ison

Komet isonKomet sering disebut bintang berekor adalah benda angkasa yang mirip asteroid, tetapi hampir seluruhnya terbentuk dari gas (karbon dioksida, metana, air) dan debu yang membeku. Komet berevolusi mengelilingi Matahari dengan orbit atau lintasan yang berbentuk elips, lebih lonjong dan panjang dari orbit planet. Minggu-minggu ini hingga beberapa bulan kedepan, salah satu komet akan muncul di Bumi dan dapat dilihat dengan mata telanjang.

Komet McNaught, komet besar tahun 2007, menumbuhkan ekor berfilamen yang panjang dan spektakuler. Ekor indah  itu tersebar di seluruh langit dan terlihat selama beberapa hari untuk pengamat belahan Bumi selatan, tepat setelah matahari terbenam. Ekor menakjubkan itu menunjukkan panjang maksimalnya pada kamera wide-angle dengna eksposur berdurasi lama. Selama beberapa waktu, hanya ekornya saja diperkirakan mencapai puncak kecerahan dengan magnitude -5 (minus lima), tertangkap oleh penemu komet pada gambar di atas hanya setelah matahari terbenam pada Januari 2007 dari Siding Spring Observatory di Australia. Komet McNaught, komet paling terang dalam beberapa dekade, lalu memudar saat bergerak lebih jauh ke langit selatan dan menjauh dari Matahari dan Bumi.

Komet McNaught, komet besar tahun 2007, menumbuhkan ekor berfilamen yang panjang dan spektakuler

Komet McNaught, komet besar tahun 2007, menumbuhkan ekor berfilamen yang panjang dan spektakuler

Minggu ini hingga dua minggu ke depan di tahun 2013 ini, komet ISON yang semakin terang dengan cepat mungkin menumbuhkan ekor yang menyaingi komet McNaught. Para astronom mengatakan kehadiran Komet Ison akan menjadi pemandangan spektakuler di langit malam karena cahanya akan lebih terang, bahkan bila dibandingkan dengan bulan purnama.

Gerald Rhemann di Namibia berhasil mengabadikan citra terbaru komet ISON pada tanggal 21 November 2013

Gerald Rhemann di Namibia berhasil mengabadikan citra terbaru komet ISON pada tanggal 21 November 2013

Komet ISON akan mencapai perihelium (titik terdekat dengan matahari) pada Kamis, 28 November 2013. Satu minggu sebelumnya, pada tanggal 21 November 2013 Gerald Rhemann di Namibia menangkap foto indah Komet ISON. Komet Ison bisa dilihat dengan jelas di posisi terbenamnya matahari. Ekornya memanjang dengan cahaya terang, seperti cahaya lampu senter di atas crakawala. Komet yang  memerlukan waktu jutaan tahun cahaya untuk mendekati bumi ini, akan bisa dilihat dengan mata telanjang selama beberapa bulan kedepan.

dari beberapa sumber

Iklan

22 comments on “Komet McNaught vs Komet Ison

    • Pemandangan spektakuler karena kejadiannya pun jarang terjadi, spt disebutkan diatas komet ison memerlukaan jutaan tahun cahaya untuk mendekati Bumi.

  1. Hmm kapan yah aku bisa lihat komet sendiri dengan mata kepala aku sendiri 😦
    Maap yah baru berkunjung 🙂 karena sibuk sekolah dan tugas numpuk nih mas :))

    Salam sukses dari blog pemula seperti saya ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s