Luar angkasa juga dilanda demam Piala Dunia

Demam Piala Dunia 2010 melanda seluruh masyarakat di dunia, tidak terkecuali para astronot yang kini sedang berdiam di stasiun luar angkasa internasional (ISS).

Tiga orang astronot yang sedang mengorbit akan bergabung dengan miliaran penggemar sepak bola di bumi untuk mendukung tim sepak bola mereka bersaing memenangkan kejuaran FIFA World Cup 2010 yang berlangsung mulai hari ini di Johannesburg, Afrika Selatan.

“Kami selalu menyediakan waktu bersama setiap sore hari untuk menunggu makan malam dan duduk di depan televisi. Saya bertaruh, akan ada beberapa orang dari kami yang bersorak sorai saat siaran Piala Dunia dapat kami saksikan di sini,” ujar astronot NASA Tracy Caldwell Dyson, seperti dikutip melalui Space.com, Sabtu (12/6/2010).

Dalam video yang direlay NASA melalui ISS tersebut, Tracy terlihat sedang bermain bola berukuran kecil di tengah lingkungan tanpa gravitasi. Lalu ia menerangkan jika salah seorang kru pesawat di ISS tersebut ternyata adalah pemain bola juga.

“Saya sendiri kurang terlalu tertarik dengan sepak bola tapi kami memiliki teman yang menjadi anggota tim sepak bola di Rusia,” ujar Tracy menunjuk seorang kosmonot Rusia bernama Alexander Skvortsov yang menuliskan informasi ‘pecinta sepak bola’ dalam biodata yang ditulisnya untuk NASA.

Caldwell Dyson, Skvortsov dan satu orang kosmonot lain bernama Mikhail Kornienko saat ini berada di dalam ISS untuk misi selama enam bulan. Pekan depan, mereka akan kedatangan tiga orang astronot yang akan bergabung dengan menggunakan kapal luar angkasa Rusia Soyuz TMA-19. Mereka adalah Doug Wheelock, Shannon Walker dan Fyodor Yurchikhin.

Kecuali dua orang astronot asal AS itu, Yurichikhin mengaku tidak pernah mau ditugaskan untuk terbang ke luar angkasa. Bahkan ia bercita-cita untuk bisa bergabung dengan tim sepak bola Rusia untuk berkompetisi di Piala Dunia.

“Meski astronot adalah cita-cita saya sejak lama, tapi sesungguhnya sejak dulu saya ingin menjadi penjaga gawang dalam tim sepak bola,” ujarnya.

Iklan

13 comments on “Luar angkasa juga dilanda demam Piala Dunia

  1. “Kami selalu menyediakan waktu bersama setiap sore hari untuk menunggu makan malam dan duduk di depan televisi…”

    Aneh yaa… di luar angkasa kok bisa bicara sore atau malam?? Kumaha yeuh, Kang Dede? Satelitnya stasioner atau ikut berputar keliling bumi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s