Mengapa nyamuk penghisap darah manusia?

Uji coba untuk mengetahui penyebab nyamuk begitu gemar menghisap manusia telah dlakukan ahli kimia ekologi Walter Leal. Berikut intisari percobaannya sebagaimana dikutif okezone.

Leal dan timnya mencari tahu apakah manusia menghasilkan bau tubuh tertentu yang bisa menarik perhatian nyamuk. Rupanya, penyebab utama nyamuk tertarik pada manusia terletak pada zat bernama nonanal.

Nonanal merupakan zat yang diproduksi tubuh manusia dan burung yang mengeluarkan aroma cukup kuat untuk menarik perhatian nyamuk Culex.

Leal kemudian mengukur kadar nonanal pada tubuhnya sendiri. Pengukuran kadar nonanal dilakukan dengan cara menyuntikkan alat seperti suntikan pada kulit lengannya. Setelah itu lengan Leal dibungkus dengan aluminum foil untuk mengisolasinya dari lingkungan. Satu jam kemudian, ujung suntikan diinjeksikan ke dalam sebuah perangkat khusus guna melihat seberapa besar kadar nonanal yang diproduksi tubuh Leal.

“Kadar nonanal dalam tubuh saya cukup banyak. Saya melepaskan sekira 20 nanogram nonanal setiap jamnya dan itu termasuk cukup tinggi,” kata Leal seperti dikutip dari Live Science, Senin (25/1/2010).

Menurut Leal, hasil ini menjelaskan pengalamannya ketika berkunjung ke Meksiko dua tahun lalu. Saat itu dia menjadi sasaran empuk nyamuk meskipun telah melakukan berbagai pencegahan untuk menghalau mereka.

“Ada banyak sekali nyamuk di sana. Agar tidak digigit, saya menyemprotkan anti nyamuk di seluruh bagian tubuh saya, termasuk rambut,” kata Leal.

Dia sangat terkejut karena semprotan anti nyamuk dan pakaian tebal yang menutupi seluruh tubuhnya tak mampu menghalau serangan nyamuk. Makhluk penghisap darah tersebut tetap bisa menggigitnya, hingga menembus kaus kaki dan baju yang tebal.

“Nyamuk bahkan bisa menembus bahan jeans selama mereka tahu, terdapat pembuluh darah di balik pakaian yang dikenakan. Mereka bisa merasakan hawa panas dari tubuh manusia,” tandasnya

57 comments on “Mengapa nyamuk penghisap darah manusia?

  1. di meksiko juga ada nyamuk..nyamuknya ganas..iihh serem
    bri sing a song : bnyk nyamuk dirumahkuuu gara2 kamuu males bersih2 ^o^
    met istirahat dari aktifitas๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

  2. Hm..ini kabar buruk buat para produsen lotion antinyamuk. Artikel begini bisa bikin produk mereka tidak laku.

    Tapi, ini pengalaman saya sendiri, kalau saya memakai lotion antinyamuk, nyamuk-nyamuk itu tidak mau mendekati saya.

  3. ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    RAIHLAH โ€œJATI DIRI MANUSIAโ€.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang โ€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  4. maaf OOT kang:
    kang di sidebar kiri ada hostgator nya,, kok bisa… ???
    ga akan disuspend ku wordpresss???
    bukankah hostgator tuh berbau komersil???

  5. bener ini kang?, nyamuk bisa nembus kain yang tebal sekalipun selama tahu ada pembuluh didalamnya, duh ngerinya gimana kalo ukurannya besar bisa jadi mesin pembunuh yang mematikan manusia

  6. makasih infonya Kang…
    Mungkin inilah yang menjadi penyebab terkadang kita tidur dalam satu kamar, ada teman yang tersiksa karena banyak nyamuk.. sedang teman yang lain justru tidak merasakannya. Karena kadar Nonanal berbeda dalam setiap tubuh manusia.

  7. kecil-kecil berbahaya.. subhanallahu… begitulah keagungan Sang Pencipta… binatang lemah itu ternyata memiliki alat deteksi yang canggih dan peka… saatnya manusia belajar dari kehebatan alam… salam sukses…

    sedj

  8. Kinten2 ada perbedaan kandungan anonal engga ya Kang, antara orang belum mandi sama yg udah mandi… karna biasanya pd saat belum mandi, nyamuk paling demen deket2, beda sama kalau udah mandi…๐Ÿ™‚

  9. Bertandang ke Lapak para Sahabat Nara Blog Tercinta, Ruanghati rasanya lama tidak jalan-jalan mengunjungi para Sahabat (Blogger) coz beberapa hari sangat sibuk sekali nih, Semoga para Sahabat selalu dalam keadaan baik dan bahagia selalu dalam rahmat serta kasih sayang Tuhan Yang Maha Kuasa, Amien. 2 hari terakhir ini juga Blog ruanghati keknya ada problem beberapa teman bilang ketika mau masuk ke blog kami ada semacam alert situs berbahaya, minta doanya semoga segera bisa normal kembali,

    Salam hangat

    Ruanghati

  10. pengen tidur pasang obat nyamuk (lha terus nyamuknya makan apa donk) tapi kalo nggak masang obat nyamuk (darah kita semakin berkurang)..๐Ÿ˜€ nyamuk juga butuh makan seperti manusia๐Ÿ˜€

    salam hangat selalu kang dede..peace

  11. Penghujung bulan sudah datang, ada yg suka karena baru gajian, ada yang seding karena target tidak terpenuhi, apapun yang terjadi ruanghati.com ucapkan selamat berakhir pekan dan berakhir bulan, selamat ngeblog, yang barusan gajian bisa dihemat sampai akhir bulan berikutnya,

    salam hangat san sukses selalu

    semoga hidup Anda penuh dengan Cinta, Kesehatan, kebahagiaan dan Kedamaian selalu

    ruanghati.com

  12. duh, pantesan kalau nyamuk DBD, cikungunya dan malaria, susah diberantas,
    ternyata mereka punya ”radar” ya utk tau dimana ada pembuluh darah manusia.
    ikh…serem banget ya Mas .
    salam.

  13. Bersama komen ini kami mohon info dan masukan pada blog kami yang saat ini sedang sakit, mungkin diantara teman nara blog punya solusi dan obatnya

    Terima Kasih

    Salam Hangat

  14. ada banyak pengisap darah… kisah nyamuk ini serupa vampir, berbahaya… salam sukses…selamat atas rumah barunya, biar baru tetap lambangnya dua jari…

    sedj

  15. Ada ditemukan species baru dari nyamuk, ternyata nyamuk ini bisa mengakibatkan kematian yang lumayan cepat. Biasanya nyamuk ini berkembang biak di genangan air yang bersih di dalam gua yang ada kelelawarnya, korban akan menderita pusing dalam hari pertama dan muntah darah dalam hari kedua dan setelah menginjak hari ketiga ketika ajal menjemput perut korban akan seperti meledak dan menyemburkan darah busuk. darah ini akan menginfeksi orang yang menyentuhnya, Sepintas penyakit ini mirip EBOLA yang pernah heboh di Afrika dulu.
    Blog yang bagus Mas.
    Salam
    http://www.dunia tasik.com
    http://www.anak anak tasik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s