Makanan Modern Sebabkan ‘Bad mood’

Hasil penelitian di Universitas Melbourne Australia menunjukkan bahwa makanan-makanan modern dan cepat saji seperti : cola, hamburger, dan makanan olahan lainnya bias menyebabkan orang cepat mengalami bad mood. Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti meneliti 1.046 perempuan usia 20 sampai 90 tahun sebagai objek peneliti selama 10 tahun.

Makanan olahan yang dapat menyebabkab seseorang lebih cepat bad mood tersebut mengandung tambahan bahan kimia dan tinggi lemak sehingga berpengaruh pada mood wanita. Sedangkan makanan segar seperti sayuran, buah, gandum, susu rendah lemak, daging tanpa lemak, dan makanan rumah lainnya dapat mendukung kesehatan fisik dan kestabilan emosi.

Dari total perempuan yang diteliti, sebanyak 121 orang mengalami kecenderungan depresi dan raca cemas berlebihan. Saat diteliti lebih jauh pada kebiasaan makannya, ternyata mereka secara rutin mengonsumsi makanan modern produk ‘Barat’ seperti hamburger, roti tepung putih, pizza, susu berperisa, beer, dan makanan manis olahan. Sedangkan 30 persen responden sesekali menunjukkan gejala ketidakseimbangan emosi. Setelah diteliti, ternyata mereka lebih banyak mengonsumsi diet tradisional Australia, yaitu makanan dengan lebih banyak sayur, buah, ikan, daging sapi, kambing muda, dan gandum. Penelitian selain tentang makanan yang dikunsumsi juga melihat faktor usia, berat badan, status social, ekonomi, pendidikan, aktivitas fisik, serta kebiasaan hidup seperti perokok dan minuman keras.

Kesimpulan akhir menunjukkan, mereka yang mengonsumsi banyak buah-buahan, sayur, ikan, tahu organik, kacang-kacangan, yogurt, dan anggur merah lebih bisa mengendalikan emosi.

Ref: reuters

Iklan

45 comments on “Makanan Modern Sebabkan ‘Bad mood’

  1. Itu makanan yang paling digemari anak muda sekarang, pantes aja sering pada bad mood, ngambekan, gak sabaran, lebih baik kembali pada konsumsi alam seperti lalapan atau karedok, tumis sayur hijau, pokoknya yang lemak-lemak jauhin deh

  2. tempe penyet..kari ayam..sayur kangkung (jawa : cah kangkung) indomie rebus+telor+kubis dan pecel…emmmhhh makan favorit saiya 😀 😀 😀

    salam peace dari cah lapindo 😀

  3. -좋은 주말 보내세요. ( joheun jumal bonaeseyo ) ” selamat akhir pekan”.
    Semoga bahagia selalu bersama keluarga tercinta.

    Salam hangat dengan cinta

    ruanghati.com

  4. memang benar, smua orang yg suka makan fast food dan daging biasanya gampang emosi..
    sedangkan orang vegetarian sll ramah dan jarang emosional

  5. ternyata apa yg dimakan akan menentukan juga sikap dan sifat orang ya Mas Dedekusn.
    pantas saja anak2 zaman sekarang yg suka makanan junk food, mudah sekali meluap emosinya, selain dapat menyebabkan obesitas juga.
    lebih baik, makan makanan sehat yg dibuat rumah sajalah, bersih dan bergizi.
    salam.

  6. wah untungna aku kagak pernah makan makanan seperti yg disebutkan kang de2kusn hehehehe….

    btw, thankz ea kang udah dipasangin jg hehehehe…

    salam sayank sll ^^

  7. Betul Kang. Syarat makanan dan minuman yang disebutkan dalam Al-Quran yang boleh dikonsumsi adalah yang halal dan baik. Jadi tepat kalau para ahli kesehatan menyebut makanan semacam itu sebagai Junk Food.

    Hatus nuhun.
    Salam

  8. Alhamdulillah kang saya mah teu beuki alias ga suka makanan seperti itu saya mah lebih mencintai makanan tradisional,minum minuman yg bersoda aja kepala saya langsung puyeng mending minum susu aja sehat hehehe…

    Salam sukses n ay lap yu pulll

  9. ingat masa lalu “KUIS…BERPACUUU DALLAAAM MELLODI”
    Bagian terakhir ada tebak wajah.
    hayo wajah siapa yang harus ditebak ?

  10. Yuwk… kita berlomba-lomba ke slow food.
    Makanan yang kita pahami dari mana asalnya, cara memasaknya, dan kita nikmati dengan kesadaran ketika memakannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s