Gerhana Matahari Cincin 15 Januari 2010

Gerhana Matahari

Gerhana akan kembali terjadi pada bulan Januari 2010 ini, setelah sebagian wilayah Indonesia menyaksikan gerhana bulan tepat pada malam tahun baru kemarin, gerhana akan kembali terjadi, kali ini gerhana matahari cincin akan terjadi pada tanggal 15 Januari 2010.Β  Fenomena alam ini hanya bisa dilihat oleh sebagian masyarakat Indonesia terutama Indonesia bagian utara seperti: Balikpapan, Banda Aceh, Tanjungkarang Telukbetung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Jakarta, Manado, Medan, Padang, Palembang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surakarta, Yogyakarta. Mereka yang tinggal di Indonesia bagian timur tidak bisa menyaksikan ini karena ketika bayangan bulan melewati bagian sama sudah keburu malam.
Pada gerhana kali ini bulan cuma akan menutup sebagian matahari saja. Karena pusat jalur gerhana matahari ini melewati daerah India dan Cina, sehingga gerhana di Indonesia sebagian kecil bayangan dari Bulan.

Gerhana matahari yang akan terjadi ini disebut sebagai gerhana matahari cincin yang melewati sebagian wilayah Indonesia, khususnya Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Gerhana matahari cincin terjadi karena posisi bulan tepat berada di antara matahari dan Bumi. Jarak Bulan ke bumi saat itu termasuk jarak terjauhnya, sehingga tampak dari Bumi, ukuran Bulan lebih kecil dari Matahari, sehingga pada gerhana ini lingkaran Matahari tidak tertutup sepenuhnya oleh lingkaran Bulan. Puncak gerhana cincin terjadi pada sekitar jam 14:00 WIB, awal dan akhir gerhana sekitar satu jam sebelum dan sesudahnya.

Untuk Indonesia, daerah yang dilewati oleh pusat gerhana matahari cincin adalah untuk Jawa daerah Banten dan untuk Sumatra sekitar Lampung dan Jambi. Kota Cilegon termasuk didalam daerah pusat gerhana matahari cincin, walau agak dipinggir. Kota besar yang dilewati oleh pusat gerhana adalah Bandar Lampung. Kota Bandung dan Jakarta hanya akan melihat gerhana matahari sebagian, tapi fraksi lingkaran matahari yang tertutupi oleh Bulan cukup besar hari akan sedikit lebih gelap dari biasanya.

referens: ini & itu

Iklan

157 comments on “Gerhana Matahari Cincin 15 Januari 2010

  1. asiiikkk ada keajaiban alam lagii^^….
    kemarin pas tahun baru seeh lihat kang bri…
    ruaarrr biasa indah fenomena alam kita…peace πŸ™‚

  2. jam 14:00 berarti siaang…
    huft meuni haredang atuh kalau siang mah
    haturnuhun tararengkiuu kang buat infonya…
    senyum dunk kang^^(bcanda mode on)….kikikikiki makasiiihhhhh πŸ™‚

  3. “15 Januari 2010. Puncak gerhana cincin terjadi pada sekitar jam 14:00 WIB, awal dan akhir gerhana sekitar satu jam sebelum dan sesudahnya.”

    di Tegal bagaimana ya?

  4. wahhhh semoga di kasih umur lagi, biar bisa menyaksikannya nanti tanggal 15 jan 2010.
    met taon baru ya πŸ™‚ sukses selalu.

  5. Baru tau nih, info bagus. Semoga dgn fenomena alam seperti itu bisa membuat kita lbh mengingat ALLAH. Bukannya mlh d jadikan ajang rekreasi tanpa mengingatNYA.

  6. Selamat siang kang Dede selamat tahun baru semoga kesuksesan menyertai kita di tahun 2010 Amin…
    Wah tahun baru dah di suguhi fenomena alam yg sangat menarik nih dengan adanya gerhana matahari hehehe…

    Salam sukses n ay lap yu pulll

  7. selamat tahun baru buat kang dedekusn, berarti kalo bandung terkena dampak gerhana matahari harus siap-siap lbila ingin melihatnya tentu saja dengan pelindung mata ya…

  8. Sayang saya nggak bisa lihat Gerhananya!

    Template blog saya sekarang sudah dirubah dan tidak pakai disqus lagi, jadi komengnya lebih mudah, apalagi ditambah dengan emoticon yang punya!

  9. Assalamu’alaikum,
    Terima kasih infonya Kang, selamat untuk Theme barunya dan selamat juga atas kenaikan pageranknya. Semua kejadian di alam semesta ini, semakin mengingatkan kita akan Kebesaran Kekuasaan Allah Swt. (Dewi Yana)

    • Wa’alaikumsalam….
      Sama-sama teh Dewi. Betul semua ini slah satu tanda kekuasaan Allah SWT. Selamat juga buat teh Dewi atas kenaikan PRnya menjadi PR5, sukses!

  10. Assalaamu’alaikum

    Indahnya DUNIA hanya sementara.
    Indahnya CINTA hanya seketika.
    Indahnya MIMPI kadang tak pasti.
    Tapi……. Indahnya PERSAHABATAN sesama kita sukar dicari ganti.

    Maaf sahabatku… kerana lambat berkunjung balas; banyak urusan mengulit diri dan perlu dibereskan. Terima kasih atas ingatan berpanjangan. Mudahan kita semua diredhai Allah swt.

    Selamat Tahun Baru 2010. Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  11. kang, gerhana bulan ma gerhana matahari terjadi dlm waktu berdekatan. ini teh fenomena normal ato gmana? jawab dgn jawaban fisika nya yah kang πŸ˜€

  12. Assalamu’alikum,

    Wah, pangling Kang, cerah.
    Kang, gerhana itu ada pengaruhnya tidak terhadap lingkungan, seperti cuaca, iklim dll. Apakah terjadinya gerhana ini menunjukkan adanya sesuatu yang kurang “beres’ ?
    Punten we , maklum teu ngartos ka nu kararieu teh.

    Nuhun pisan.
    Salam.

  13. Ping-balik: Gerhana Matahari 15 Januari 2010 «

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s