Kalender astronomi akhir Desember 2009 dan malam tahun baru 2010

Diakhir bulan Desember ini ada beberapa fenomena alam yang sayang kalau terlewatkan,  diantaranya terangkum berikut ini :

13-14 Desember 2009, Akan terjadi lagi hujan meteor Geminids. Hujan meteor Geminids dikategorikan sebagai hujan meteor terbaik dan indah, Hujan meteor Geminids dapat dilihat antara tanggal 6 – 9 Desember 2009 dan puncaknya akan terjadi terjadi pada tanggal 13 dan 14 Desember 2009, dengan menghasilkan 60 meteor beraneka warna per jam. Pengamatan hujan meteor Geminids kali ini akan lebih indah jika dilakukan pada tengah malam atau dini hari, dengan titik pancar berada pada rasi bintang Gemini.

16 Desember 2009, bulan baru

21 Desember 2009, Titik balik matahari pada musim dingin yang terjadi dibelahan bumi utara.

31 Desember 2009, Bulan Purnama,

01 Januari 2010, (malam Tahun Baru 2010), Gerhana Bulan Parsial. Gerhana akan terlihat hampir diseluruh Eropa, Afrika, Asia, Australia dan Austria. Di Indonesia gerhana bulan diperkiraan akan dimulai  pada pukul 01.21 WIB; 02.21 WITA, 03.21 WIT dengan durasi 04 Jam 05 Menit. Puncak gerhana diperkirakan terjadi pada pukul 02.21 WIB, 03.21 WITA, 04.21 WIT.

Sumber

Iklan

206 comments on “Kalender astronomi akhir Desember 2009 dan malam tahun baru 2010

  1. hem… hujan kode buntut aja mas ddk hahahahahaaa
    minggu pagi menyapa sahabat yang terus melaju dgn postingan dan komentar dimana-mana

    makan apa sih mas??

  2. Belum pernah seumur-umur lihat meteor, kecuali meteor garden di indosiar dulu… 😀

    Sip Kang, kalau ada waktu nanti kita begadang di malam tahun baru…

    • Betul Mas, datangnya gerhana, munculnya meteor, komet, dapat diprediksi karena kehebatan sang Pencipta Allah SWT mengatur alam semesta ini dengan sangat tepat.

    • Justru sy berharap terjadi, dan Insya Allah akan terjadi. Prakiraan itu bukan ramalan seperti ramalan ‘paranormal’ atw ‘dukun’, ini prakiraan ilmu astronomi, ilmu sains, ilmu yang diberikan Allah SWT kepada makhluk-Nya bernama manusia.

  3. Assalamu’alaikum sahabat maafkan saya jika akhir² ini saya jarang berkunjung di karenakan kesibukan dan aktifitas kantor saya yg sangat banyak menyita waktu sekali lagi mohon maaf n terimakasih atas pengertiannya.

    Salam sukses n ay lap yu pulll

  4. Semoga saja terjadinya fenomena bisa dijadikan bahan renungan bukannya malah kita menikmati keindahanya sambil hura2. padahal sebetulnya itu satu pertanda bahwa dunia semakin tua.

  5. Fenomena ini bisa buat acuan kita ya kang, dalam beraktivitas dan melihat gejala alam. semoga tahun baru kali ini lancar tak ada hambatan yang dipengaruhi ganguan alam semesta atau gerhana

  6. Betul Kang Postingan ini bagus sekali buat perenungan kita , anggaplah Fenomena ini sebagai tanda.. agar kita lebih hati hati dan waspada pada isyarat alam..
    ada apa ini….??? dan marilah kita menjawab dengan bahasa hati kita masing masing.

    Salam dan Sukses.

    Pissss.. Kang

  7. 01 Januari 2010, (malam Tahun Baru 2010), Gerhana Bulan Parsial. Gerhana akan terlihat hampir diseluruh Eropa, Afrika, Asia, Australia dan Austria. Di Indonesia gerhana bulan diperkiraan akan dimulai pada pukul 01.21 WIB; 02.21 WITA, 03.21 WIT dengan durasi 04 Jam 05 Menit. Puncak gerhana diperkirakan terjadi pada pukul 02.21 WIB, 03.21 WITA, 04.21 WIT.
    ====================dedekusn
    sok lah nanti saya intip. semoga tidak lupa, ingetin aja ya kang dukun, eh kang dedekusn 🙂 😉 😉

  8. Assalaamu’alaikum

    Nanda Dedekusn dirai dan dijemput ke Laman Menulis Gaya Sendiri untuk menerima AWARD PERSAHABATAN – YOU’RE A GREAT BLOGGER sempena ULANG TAHUN PERTAMA laman bunda. Salam mesra dari Port Dickson, Negeri Sembilan, Malaysia.

    SITI FATIMAH AHMAD

    # juga sahabat yang pernah berkomentar di laman saya dan melihat iklan ini, bimbang saya tidak sempat ke laman sahabat pula kerana terlalu ramainya.. 😀

  9. hujan meteor… gawat nih.. siap-siap payung besi, hehehe… salm sukses… bisa ramal nasib sekalian gak? buat tahun 2010… hehehe…

    sedj

  10. salam pagii sahabat, om, akang akang
    pararunteennn….salam pagiii met pagii
    🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂
    🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂
    🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂
    🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂
    🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂
    🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂
    🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂
    __smile morning^^…___

    • Salam sore bri…
      Pissss
      🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂
      🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂
      __smile morning^^…___

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s