Ada Sains dalam Musik

Musik pada dasarnya mengandung pula unsur-unsur sains di dalamnya. Hal ini diungkapkan Sekretaris Menristek Benyamin Lakitan .

“Selama ini musik dikategorikan sebagai sebuah bentuk karya seni. Padahal jika kita menggalinya lebih dalam, kita akan menemukan kombinasi sains di dalamnya,” kata Benyamin saat membuka pameran bertajuk ‘Strike a Chord the Science of Music’ di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), Taman Mini, Jakarta (1/12/2009).

Menurutnya, sains dan seni akan senantiasa bertemu dalam kombinasi sebuah produk teknologi. Benyamin mencontohkan sebuah mobil, tidak sepenuhnya merupakan produk teknologi karena ada campur tangan seni di dalamnya.

“Tidak produk yang murni sains. Pasti ada sentuhan seni di dalamnya. Begitu juga dengan seni itu sendiri, terdapat unsur-unsur ilmiah di dalamnya,” kata Benyamin.

Untuk itu, Kedubes Australia bekerjasama dengan PP-IPTEK dan Ristek mengadakan pameran ‘Strike a Chord the Science of Musik’. Dalam pameran yang berlangsung mulai tanggal 1 Desember 2009 hingga 31 Maret 2010 ini, penonton diajak mengeksplorasi ilmu pengetahuan seni musik dan suara yang mencakup getaran, penentuan nada, volume, fisiologi telinga, frasa musik, dan lain sebagainya dengan mencoba sekira 20 alat peraga yang dihadirkan di pameran tersebut. Pameran ini juga sengaja diselenggarakan dalam rangka merayakan bahasa universal musik.

“Kami sangat gembira, kita bisa berbagi pengalaman melalui pameran interaktif ini dengan Indonesia. Pameran ini memungkinkan pengunjung belajar tentang ilmu pengetahuan suara dan musik secara menyenangkan,” kata Duta Besar Australia, Bill Farmer.

peace, phys, pisss

Sumber

93 comments on “Ada Sains dalam Musik

  1. Kang, kok komen saya disini hilang ya? Apa belum komen ? Persaan udah 3 balikan kadieu teh he he.
    Wilujeng beraktifitas Kang. Punten di blog abdi mung dugi 10 besar he he. Punten OOT deui.
    Salam sukses selalu🙂

  2. Benar kang, makanya ada sekolah musik.Sampai sekarang saya tidak bisa membaca not balok dan juga tidak peka terhadap nada. kalau menyanyi hanya menirukan bunyi saja. Jika ada lagu yang tidak saya kenal lalu disodori notnya dijamin saya tidak bisa. ha ha ha

    Terima kasih artikelnya yang menambah wawsasan saya tentang ilmu dalam musik.
    Salam hangat dari Surabaya

  3. Assalamu’alaikum,
    Menurut saya benar Kang, bukan hanya mobil saja, karena dalam mendesign suatu produk tehnologi, tetap diperlukan sentuhan keindahan, yang termasuk seni di dalamnya, tulisan yang bagus.

  4. Semua tentang Musik saya suka…!!
    Jadi pendengar yg baik.. ajah.

    suruh main gak janji.. karena emang gak bisa.
    tapi tetap aku suka.

    MUSIK yesssss… Pisssss…!!😆

  5. Kunjungan malam hari..

    Perpaduan Sains dan Musik..
    Musik pada dasarnya mengandung pula unsur-unsur sains di dalamnya , begitu juga dg sains mengandung pula Unsur SENI yg lekat dalamnya.

    mantabss Kang Ulasannya.
    Salam.

  6. selamat malam kang…

    infonya cukup menarik..tenyata musik juga mengandung undur seni,dimana semua orang sangat menyukai musik..dan seni yang terkandung didalamnya bisa membuat orang lebih kreatif lagi demi menghasilkan musik yang dinamis dan enak untuk di dengar…

  7. iya ya… ternyata ada banyak nilai positif, ada banyak ilmu yang tak tersirat dari suatu komposisi musik.. salam pecinta musik….

    sedj

  8. Saya kira Kang mungkin dalam setiap produk, apakah itu karya seni atau apa saja mengandung sains. Saya tidak ngerti musik, tapi sangat senang musik.
    Terima kasih.
    Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s