Hati-hati, makan depan komputer sebabkan kegemukan

Ada baiknya mengikuti anjuran untuk mengunyah makanan secara perlahan-lahan. Studi terbaru menegaskan pendapat yang sudah sering kita dengar bahwa makan cepat-cepat selain tidak baik bagi pencernaan juga memicu kegemukan. Perlu diketahui pula, hal seperti ini kerap terjadi pada mereka yang terbiasa makan di depan komputer atau di meja kerja.

Studi yang dilakukan para peneliti di Imperial College, London menemukan bahwa mereka yang menelan makanan cepat-cepat cenderung makan lebih banyak dibandingkan mereka yang makan dengan santai.

Pasalnya, proses makan yang cepat bisa menghambat pelepasan hormon yang berfungsi menyampaikan pesan ke otak untuk memberitahukan kalau perut sudah kenyang.

“Temuan ini mendukung anjuran lama yang menasihati Anda agar mengunyah makanan setidaknya 20 kali sebelum masuk ke dalam perut,” kata salah salah satu peneliti Stephen Bloom, seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (22/11/2009).

Bloom menyebutkan hal ini sering dilakukan para pekerja yang cenderung makan di meja kerjanya. Menurutnya, kebiasaan mereka yang makan terburu-buru sambil berada di depan komputer bisa memicu epidemi obesitas.

“Makan dengan cepat, makan di tempat kerja atau makan sambil mengerjakan tugas di layar monitor membuat Anda terus memasukkan makanan ke mulut. Hal ini bisa meningkatkan risiko kegemukan,” kata Bloom.

Dalam studi ini, peneliti membandingkan sampel darah dari beberapa partisipan yang diminta mengonsumsi es krim sebanyak 300ml dengan kecepatan berbeda-beda. Selain itu, peneliti juga mengukur kadar hormon yang memberi sinyal ke otak bahwa perut sudah kennyang.

Hasilnya diketahui bahwa mereka yang menghabiskan waktu 30 menit untuk makan es krim memiliki kadar hormon lebih tinggi. Saat dibandingkan dengan partisipan yang makan terburu-buru, mereka pun mengaku merasa lebih kenyang.

Itu sebabnya Bloom menganjurkan untuk makan secara perlahan-lahan. Dengan begitu, kita bisa mengontrol asupan makanan. Selain lebih sehat untuk pencernaan, anjuran ini juga sangat cocok ditujukan bagi mereka yang ingin langsing.

Sumber

Iklan

99 comments on “Hati-hati, makan depan komputer sebabkan kegemukan

  1. Postingan menarik. Memang etiket-nya makan jangan tergesa-gesa. Trus jangan makan di depan komputer, ini cocok untuk diterapkan bagi blogger dan gamer mania…
    Thank’s untuk kunjungannya.

  2. Yang pasti makan itu harus dinikmati ya, jadi ada SOPnya juga. Perlu dikunyah lembut lantas ditelah biar tecerna dengan baik. Saya kadang terlalu cepat juga. Terima kasih atas sarannya di artikel ini Kang. Salam πŸ™‚

  3. Hati-hati, makan depan komputer sebabkan kegemukan
    makan Hati-hati depan komputer sebabkan kegemukan
    Hati-hati makan komputer depan sebab kan kegemukan
    Hati-hati kegemukan sebab kan makan komputer depan
    πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ˜‰ πŸ˜€

  4. Salam Takzim
    Kunjungan sore kang, semoga berkenan
    Maap kang belum fit bener nih jadi sedikit sedikit kunjungin sahabat selamat sore aja ya kang
    Salam Takzim Batavusqu

  5. Salam Takzim
    Kunjungan sore kang, semoga berkenan
    Maap kang belum fit bener nih jadi sedikit sedikit kunjungin sahabatnya, selamat sore aja ya kang
    Salam Takzim Batavusqu

  6. lha kok bisa sih mas???
    wah dihindarin ya..
    yang saya tahu kalau makan didepan komputer itu pasti kotor karena lupa lap tangan dan lupa cuci tangan juga gosok gigi apalagi main komputernya 2 hari 2 malem tanpa mandi hehehehe
    pisssss mas ddk

  7. Makan di depan komputer bisa menyebabkan kegemukan? Wah pantas badanku kian gendhut. Hampir setiap kali saya makan sambil blogging. Ternyata gitu, ya?
    Salam silaturahim, Bos…!

    • hahahaha….sama sama Mas..saya juga kegemukan kebanyakan makan depan komputer..kalo kata Kang Dede sambil nyemilin monitor sayanya hahaha πŸ˜€

      salam silaturahum juga *wakilin Kang DEDE*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s