2011 Indonesia Segera Produksi Mobil Bahan Bakar Hidrogen dan Oksigen?

https://i2.wp.com/www.mediaindonesia.com/mediaoto/spaw/uploads/images/article/image/2009_03_09_12_36_21_quant1.jpg

Rencana Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk memproduksi dan mengembangkan baterai lithium berbahan keramik padat yang lebih tahan panas untuk digunakan pada kendaraan masa depan berbahan bakar listrik fuel cell, nampaknya segera terwujud.

Menurut Peneliti Material dan Komposit Pusat Penelitian Fisika LIPI, Dr Bambang Prihandoko (01/06) “Baru LIPI yang sudah berhasil mengembangkan baterai lithium dari komposit material gelas keramik di dunia ini, seperti dari pecahan kaca. Dengan demikian sistem fuel cell tidak lagi memerlukan sistem pendingin”.

Dunia mobil hibrida sampai saat ini, lanjut Bambang, masih menggunakan baterai lithium dari polimer padat yang kekurangannya tidak tahan panas, sementara baterai lithium dari keramik mampu menahan panas sampai 200 derajat Celcius sehingga tidak diperlukan sistem pendingin.

Sel baterai lithium dari keramik dengan 3,3 Volt dan 200 mili Ampere itu nantinya akan diserikan dan diparalelkan sehingga kemampuannya meningkat untuk mengganti listrik fuel cell selama dua jam bagi kecepatan kendaraan 100 km per jam.

Baterai yang dikembangkan pihaknya itu, jelasnya, sudah dalam bentuk prototipe dan sudah dipatenkan sehingga sudah bisa diproduksi secara massal. Ia mengakui, baterai lithium masih belum diujicobakan pada kendaraan listrik fuel cell buatan LIPI (Marlip) yang masih menggunakan aki konvensional (lead acid).

“Berat baterai lithium hanya seperlima berat aki. Tahun depan akan kita ganti aki di Marlip dengan baterai lithium ini sehingga Marlip menjadi jauh lebih ringan,” katanya. Tanpa baterai lithium, urainya, kendaraan listrik dengan sistem fuel cell tidak bekerja sebagaimana mestinya di mana kecepatan konstan, tidak bisa bergerak lebih cepat.

Mobil hibrida yang dilengkapi sistem fuel cell ramah lingkungan, sejak dua dekade belakangan mulai banyak diperkenalkan. Hampir seluruh produsen kendaraan bermotor juga meluncurkan jenis mobil hibrida yang selain menggunakan sumber energi premium, juga menggunakan energi listrik. Saat ini para produsen mobil hibrid sedang berlomba-lomba menciptakan baterai yang aman, bertenaga, tahan lama, ringan, dan cepat diisi ulang sambil memaksimalkan kemampuan baterai lithium-ionnya.

Prinsip kerja sistem fuel cell yakni menggunakan proses elektrokimia di mana hidrogen dan oksigen digunakan sebagai bahan bakar. Komponen utama fuel cell terdiri dari elektrolit berupa lapisan khusus yang diletakkan di antara dua buah elektroda. Proses kimia yang disebut pertukaran ion terjadi di dalam elektrolit ini dan menghasilkan listrik serta air panas, sehingga fuel cell menghasilkan energi listrik tanpa adanya pembakaran dan tidak ada polusi.

Sebenarnya sejak 2005 silam Indonesia sudah punya mobil elektrik dan sampai saat ini teknologi mobil itu masih terus  dikembangkan. Rencananya LIPI menargetkan proyek mobil elektrik akan rampung pada 2011 mendatang. Namun akankah memiliki daya jual?

From: Kmps & okz editing dedekusn
Iklan

22 comments on “2011 Indonesia Segera Produksi Mobil Bahan Bakar Hidrogen dan Oksigen?

  1. ieu yeuh baru mantabzz…. mudah2an mah segera terwujud. gpp lah nunggu ampe 2011 juga, asal Indonesia bisa unjuk gigi di mata dunia 😀 betul kang?

      • alhamdulillah kang sekarang mah udah mendingan…
        heuuuuu… kacacandak sakainget rupina mah kang dede, ujug2 inget kana D’Nasib 😀

  2. Yang betul oksogen atau oksigen Kang?…
    Mudah-mudahan segera terwujud dan berdaya jual tinggi. Saya juga turut kebagian, entah siapa yang beliin… 🙂

  3. betulkah indonesia tahun 2011 memproduksi mobil bahan bakar hidrogen dan oksigen?? klo’ mobil elektrik sih dah pernah dengar!!

  4. Semoga indonesia lebih maju dengan produk yang sudah direncanakan ini dan produk ini bisa membuat rakyat bangga dengan negerinya, aku dukung terus asalkan demi kebaikan negara! terima kasih!

  5. Senangnya hatiku Maju Terus Indonesiaku 🙂 LANJUTKAN!!! Buktikan ke dunia bahwa kita pun unggul. Keep work LIPI 😉 Hidup Saintis Indonesia!!! 😀

  6. kami punya pengalaman dg energi hidrogen yg dikemas dalam box ( bateray hidrogen ) dan sebelum jepang buat mobil/motor hidrogen sdh pernah panggil kami dansekarang dg negara cina u buat motor dan sepeda, bila ada yg minat untuk uasaha bisnis bateray hidrogen bisa hub kami di 087880000759

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s