Udarapun mengandung Narkoba, Haramkah?


dosis narkoba

Udarapun ternyata bisa memiliki kadar narkoba, tak tanggung-tanggung jenis narkobanya pun adalah jenis narakoba yang  hight dan mencapai lima jenis.  Hal ini terjadi di Spanyol baru-baru ini. Selain berbahaya bagi kesehatan dalam ajaran agama, mengkonsumsi Narkoba termasuk salah satu dosa besar.  Berikut cuplikan berita terkait yang saya dapat dari okezone:

Ilmuwan di Spanyol tidak menyangka, bahwa teknik baru yang mereka lakukan ketika bereskperimen yang sedang diuji coba untuk pertama kalinya itu menemukan bahwa udara di Madrid dan Barcelona memiliki kadar narkoba.

AFP, Senin (25/5/2009) melansir, para ilmuwan awalnya tengah mencari tahu dan menganalisa 17 komponen dalam lima jeni narkoba. Kelima jenis narkoba yang tengah diteliti itu diantaranya kokain, amphetamine, opiate, cannabinoid dan lysergic acid.

Berdasarkan hasil penelitian, kokain merupakan obat-obatan yang lebih banyak mempengaruhi udara Madrid dan Barcelona. Ilmuwan menemukan konsentrasi kokain di udara kedua kota tersebut sekira 29 hingga 850 picogramm per meter kubik udara. Satuan picogram setara dengan satu trilyun per gram.

“Ditemukan pula kadar heroin dalam tingkat yang dapat terdeteksi pada sampel udara di Madrid. Namun tidak demikian halnya dengan Barcelona,” ujar salah satu ilmuwan, Miren Lopez de Alda.

Fakta ini kemudian didukung oleh data bahwa area tempat pengambilan sampel udara memang telah lama diduga sebagai pusat peredaran narkoba.

Ilmuwan juga melaporkan pada akhir pekan, kadar narkoba di kedua kota itu mencapai titk tertinggi. Hal ini diduga sebagai dampak tingginya tingkat konsumsi narkoba pada saat itu.

Namun begitu, ilmuwan mengatakan kepada masyarakat di sekitar kota itu agar tak perlu khawatir akan dampak yang bisa terjadi akibat menghirup udara yang mengandung narkoba.

“Meski kita hidup dan menghirup udara di kota itu 1.000 tahun lamanya, hal itu tidak setara dengan konsumsi satu dosis kokain melalui hirupan udara,” tandas Miren.

Jika disana ada penduduk muslim, atau jika halitu terjadi di negara yang penduduk muslim – Indonesia  misalnya – menghirup udara itu berarti hukumnya haram?

Iklan

27 comments on “Udarapun mengandung Narkoba, Haramkah?

  1. Ini menyangkut PP RI No 41 Thn 1999 Tentang PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA. Di dalam Ketentuan Umum (Bab I) pasal 1 ayat 1 disebutkan bahwa
    Pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dan/atau komponen lain
    ke dalam udara ambien oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara ambien turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya.

    Masalah haram atau tidak saya juga belum tahu, biarkan fatwa itu datang dari lembaga yang memang berwenang untuk mengeluarkannya.

    Indonesia termasuk negara berkembang, yang didalamnya terdapat banyak industri dengan mengepulkan banyak asap melalui chimney (cerobong) ke udara bebas. Selain itu asap kendaraan ikut bersumbangsih atas polusi udara di tanah air. Belum lagi asap rokok… Apa yang terjadi kalau di tambah lagi asap dari narkoba?…

  2. laaaa…. kalo ngirupnya ga sengaja dan untuk mempertahankan hidup… kayak nya ga haram deh hehehe…. kalo ga di irup tar mati doong…. waduuu… gimana ini…

  3. ya ampun… itu gimana caranya menyebar narkoba ke udara? saya pikir selama ini kita pun udah menghirup udara yg gak baik yah. coba deh klo kita jalan2… asap2 knalpot kan juga racun atau mungkin narkoba meskipun gak bikin nagih. menghirup racun kan juga haram. huhuhuuuuuu…. pusing tinggal di zaman modern begini. lho?? :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s