Minuman Botol Kian Berbahaya

Hasil studi dari Harvard School of Public Health menemukan botol plastik minuman berbahan polikarbonat menghasilkan zat kimia biphenol A (BPA) yang larut dalam air dan membahayakan kesehatan.

BPA yang masuk ke dalam tubuh makhluk hidup, diketahui dapat mengganggu perkembangan reproduksi pada hewan. Sementara dampak terhadap manusia, dapat meningkatkan risiko penyakit kardivaskular dan diabetes.
Telegraph
, Minggu (24/5/2009) melansir, ketika meminum air dalam botol kemasan, BPA ikut tertelan dan larut dalam tubuh manusia. Bahkan tim peneliti Harvard mengatakan kadar zat BPA bisa meningkat dalam urine.

BPA digunakan dalam ratusan bahkan ribuan produk kemasan minuman termasuk botol susu bayi. Yang mengkhawatirkan, bayi memiliki risiko lebih tinggi terhadap zat berbahaya ini. Pasalnya, para orang tua sering memanaskan botol susu bayi sebelum dipakai dan hal ini akan meningkatkan kadar BPA. Sehingga tentu saja zat ini akan lebih membahayakan jika tertelan oleh bayi.

“Jika Anda memanaskan botol-botol bayi, kadar BPA yang dihasilkan akan jauh lebih tinggi. Hal ini pun berdampak pada semakin meningkatnya kadar BPA dalam urin. Selain itu, bayi sangat rentan terhadap zat berbahaya dan BPA dapat mengganggu kelenjar endokrin,” kata peneliti Karin B Michels.

Tim peneliti Harvard mensurvei 77 orang mahasiswa yang biasa minum air dari botol kemasan berbahan stainles steel. Selama satu minggu, peneliti meminta mereka mengganti kebiasaan dengan meminum air dari kemasan botol plastik berbahan polikarbonat. Hasilnya, dalam kurun waktu satu minggu, terdapat peningkatan kadar BPA dalam urin sebesar 69 persen.

(from: OKZ) 
Iklan

15 comments on “Minuman Botol Kian Berbahaya

    • Kalo tupperware bahannya sama dengan minuman botol, ya sama bahayanya :). tapi yang lebih berbahaya itu jika tupperwarenya dipanaskan atau berisi air panas, begitu Nenk Dhilla. Wallahu alam…

  1. duh… berarti lebih aman jaman saya di kampung, air nya di taruh dalam kendi, nikmatnya alami… 🙂 sekarang semuanya serba botol plastik, air dirumah aja pake dispenser, ternyata bahaya tho… Wallohualam…

  2. Tiap hari beli air botol terus dibuang.. Tau gak beli tempat minum yg permanen plus gak berbahaya? *klo bisa jangan bahannya jgn dari tanah liat* 😛

  3. biasanya di setiap kemasan botol bagian bawah suka ada kode nomornya. cuma sayah lupa katehori 1 sampe berapa :mrgreen:

  4. ikutan nimbrung ah…

    saya sih gak suka minum dari botol, sukanya minum aqua gelas! 😀 hehehe(sama aja yah) duh gimana ini!!

    ganti ah…pake kaleng ajah :p hihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s