Keajaiban Otak Manusia

gbr01.jpg

Otak adalah bagian terpenting dalam tubuh manusia. Saking pentingnya ia diletakan dikepala; dengan rambut, kulit kepala, dan tulang kepala (tengkorak) sebagai pelindung utamanya. Nah, ada satu bagian lagi yang membungkus otak sampai dengan lekukan – lekukannya, yaitu kulit otak (korteks serebri).

Ternyata, kulit otak memiliki banyak keajaiban. Mari kita lihat. Kulit otak adalah “tanah yang luas”, lapang dan lebar, tapi tidak rata. Ia bagaikan selimut yang membungkus otak. Berwarna abu – abu dan melingkupi seluruh bagian otak hingga sudut – sudutnya yang tersembunyi. Luas permukaannya mencapai 2.352 cm2 . Luas ini lebih besar dari luas seluruh permukaan halaman tengah koran. Bahkan bisa menyamai luas permukaan papan tripleks.

Demikian luasnya, sehingga kulit ini harus “ditata” dengan baik agar dapat menempati ruang tengkorak kepala yang kecil. Bayangkan, kulit dengan luas permukaan 2.352 cm2 harus berada dalam batok kepala dengan volume paling besar 2.000 cc. Dengan segala kebesaran-Nya, Allah Swt “menggulung” kulit ini agar dapat menempati dan menutupi seluruh bagian dalam otak. Subhanallah!!!

Fakta lain menyebutkan, berat total kulit otak mencapai 600 gram atau 40 persen dari berat total otak. Sedangkan jumlah sel saraf pembentuknya mencapai 2,6 x 109 sel; atau 2.600.000.000 sel. Kulit otak bertanggung jawab pula terhadap proses pemikiran manusia. Sebab, ditempat inilah terjadi pengolahan informasi dan tersimpannya memori atau ingatan manusia.

Dari berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s