Jaringan Tegangan Tinggi

Jaringan tegangan tinggi digunakan untuk mendistribusikan tenaga listrik dari pada pusat pembangkit tenaga listrik ke konsumen diperkotaan. Apabila digunakan tegangan rendah, arus yang harus dilewatkan kawat penghantar akan sangat besar sehingga memerlukan kawat yang berukuran besar sebagai pengaman terhadap sambaran petir. Jaringan tegangan tinggi selalu dilengkapi dengan kawat pembumian untuk menangkap dan membimikan muatan listrik penyebab terjaadinya petir.

Dalam sistem distribusi tenaga listrik, tegangan tinggi digunakan pada penyaluran tenaga listrik dari pusat pembangkit listrik ke stasiun distribusi. Dari stasiun distribusi kemudian ke jaringan listrik perkotaan sebelum dibagikan kekonsumen. Umumnya tenaga listrik dari pusat pembangkit listrik yang disalurkan ke stasiun distribusi memiliki tegangan 11.000 sampai 18.000 volt. Stasiun distribusi menaikan tegangan tersebut menjadi puluhan ribu atau ratusan ribu volt dengan menggunakan transformator. Tegangan listrik bertegangan puluhan ribu atau ratusan ribu volt ini disalurkan melalui jaringan listrik antar kota, kemudian diturunkan oleh stasiun distribusi menjadi beberapa ribu volt untuk disalurkan pada jaringan listrik perkotaan. Sebelum dibagikan ke konsumen, tegangan listrik diturunkan lagi menurut kebutuhan. Tenaga listrik yang diberikan ke konsumen ini biasanya bertegangan rendah, yakni 110 volt, 220 volt, atau 380 volt.

About these ads

43 comments on “Jaringan Tegangan Tinggi

  1. Salam Takzim
    Sedikit ditambahkan, jaringan listrik yang sudah kita nikmati tegangannya hanya 220 Volt dengan Arus maximal 6 Amper
    Sedangkan tegangan 110 Volt dewasa ini hanya dikonsumsi oleh rumah sakit dan militer sementara untuk tegangan 380V yang biasanya memiliki jalur 3 phasa dipergunakan pada home industri atau pabrik karena untuk menghidupkan motor-motor penggerak mesin. Pabrik dan rumah sakit juga menggunakan tegangan 220V untuk fasilitas penerangan.
    maap kalau keliru didapat dari hasil belajar juga
    Salam Takzim Batavusqu

  2. Kata orang di tempat yang mengandung bayak tegangan listrik akan banyak mahluk halusnya, apa bener gitu kang ? aku liat di TV, para pemburu hantu

    • Saat bertengger di atas kabel listrik, burung memang menyentuh sumber tegangan . Namun pada saat bersamaan burung tidak menyentuh kabel netral ataupun menyentuh tanah… Dengan demikian tidak ada aliran listrik melewati tubuh si burung.. (listrik mengalir karena beda potensial)

  3. sebenarnya sih bagus2 aja punya daya yang tinggi tp apakah sekarang adil mas DDK… masih sering mati lampu seperti peradapan jaman batu hehehehe

    salam hangat buat masku ddk maaf mas aku baru bisa koment2 walpn nyuriin waktu kerja.. maafkan diriku mas….

  4. jaringan ini sangat vital dan menjadi kebutuhan pokok …
    mau tidak mau harus diadakan juga…
    masyarakat yang disekitarnya harusnya menjadi pemikiran pemerintah dalam hal pengamanannya dan kenyamanannya
    trims Kang Dede atas artikelnya.
    Salam :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s