Pelangi-pelangi

Pelangi merupakan peristiwa yang terjadi akibat adanya dispersi cahaya. Dispersi cahaya yaitu penguraian warna putih menjadi warna-warna cahaya pembentuknya. Cahaya putih (polikromatik) dilewatkan pada prisma, ternyata sinar biasnya akan terurai menjadi beberapa cahaya yang dikenal dengan warna pelangi. Hasil pengamatan menunjukkan ada tujuh warna cahaya yang diuraikan, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Pelangi merupakan adalah gejala optik dan meteorologi yang menyebabkan spektrum dari cahaya yang (hampir) kontinyu untuk muncul di langit waktu matahari bersinar ke atas titik air hujan yang jatuh. Dari peristiwa yang menyebabkan sinar monokromatik menjadi 7 sinar polikromatik.

Bagaimana pelangi terbentuk?

Proses terjadinya pelangi

Proses terjadinya pelangi

Ketika sinar matahari mengenai cermin siku-siku atau tepi prisma gelas, atau permukaan buih sabun, terlihat berbagai warna dalam cahaya. Cahaya putih dibiaskan menjadi berbagai panjang gelombang cahaya yang terlihat oleh mata kita sebagai merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu.

Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut spektrum. Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu ujung dan biru serta ungu disisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang.

Pelangi adalah spketrum melengkung besar yang disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari. Ketika cahaya matahari melewati tetesan air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi didalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air.

Cahaya keluar kembali dari tetesan air kearah yang berbeda, tergantung pada warnanya. Warna-warna pada pelangi ini tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi.

Pelangi

Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada diantara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus. (V).

About these ads

182 comments on “Pelangi-pelangi

  1. Ada yang lain
    di matamu
    yang membuat lidahku
    kelu tak bergerak
    ada pelangi
    merah kuning hijau
    dialngit yang biru
    pelukismu agung
    siapa gerangan
    pelangi pelangi
    ciptaan Tuhan

  2. pagi …
    sy coba mengingat pelajaran di masa sekolah dahulu.
    hasilnya? jujur nil.

    Tapi mampu sedikit paham, karena 2hari lalu bermain warna saat membuat gambar gunakan APS.
    Rupanya belajar dg alat peraga dan menyukai materinya, akan mudah bagi kita memahaminya.

    Penjelasan tentang Pelangi ini menarik. Sy jadi belajr lagi.
    Kali ini tanpa beban nilai :lol:

    Salam.

  3. Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010

    • Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
      Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
      Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
      Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
      yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
      Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
      Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
      Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
      Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
      Sebelum TERLAMBAT
      Selamat Tahun Baru 2010

  4. :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  5. Assalamu’alaikum,
    Melihat pelangi yang indah, mengingatkan kita akan Kebesaran dan Keagungan Allah Swt Yang Maha Pencipta, yang Menggenggam Langit Bumi dan seluruh isinya, tiada satupun yg terjadi di alam semesta ini, yg luput dari pantauan-Nya. (Dewi Yana)

      • Iya Kang Dede, karena itu kita harus selalu merasa bahwa Allah melihat, memantau dan mengawasi kita, dengan demikian, InsyaAllah kita akan terhindar dari melakukan perbuatan dosa, baik yg kecil maupun besar. (seperti berbohong misalnya), karena sekecil apapun, segala sesuatu yg kita lakukan, kelak harus kita pertanggung jawabkan dihadapan-Nya. (Dewi Yana)

  6. ini teh versi inggrisnya kalimat indahnya kangboed^^…mulai :
    happy new year 2010
    becarefull current accelaration befall nusantara
    all brother and sister year 2009 have behind us
    for the shake of a period
    for the shake of time
    wal asri
    altogether we have passed by with is same
    jokes laugh happy weeping like sorrowfully have elapsed
    all have returned to the infinite god fantacy nature
    2010 year will welcome its all of us
    2010 immediately we experience step by step
    all of that still become the infinite god secret
    in fact a period to come still stay in sirr of god
    even sirr or human being always stay in the infinite god hand grasp
    broterhs and sisters..let us kept quiet a moment ponder at nature infinite fantacy of god
    reopening the journey year 2009 which new us pass together
    keep quiet in tafakur contemplation which deep of our self
    isn’t it true time which pass is a teacher for betterthan tomorrow
    isn’t it true we must taking hikmah from the journey yesterday to be good
    brothers and sister dont play your time before time smother returning us
    let us prepare our selves each other and study also continue to learn
    find the target of human life with an awarness fully
    altough possibility year 2010 will walk with weight
    the situation possible progressively no of course and progressively too difficult
    natural phenomenon and his distorion progressively frequent increasing knock over
    but let all of that become an experience for us to ready
    ready for walk correcting our selves..self born ang self spiritual
    coreecting a journey spiritual and journey we born which uncared
    remember my brothers and sisters once again that your self covering born and spiritual
    if arriving moment and his time hence of born back to the ground
    but once again remember !!! because our selves will reborn continuing the journey
    our selves will plucking result what which we during planting and fighting for
    weeping blood is useless if you dumb during here
    brothers and sisters set thingking for compiling us spiritual life each other
    because knowing spiritual life is a long spiritual journey
    the selves born symbolising human value in front of face other humans
    while the selves spiritual symbolising human value in front of god
    yayaya..in fact human value in front of allah there is here..
    brothers and sisters let 2010 year becoming a evocation years for all of us
    2010 becoming a moment to wakeup awarness ina a deep of self
    come on all brothers and all sisters reach for better tomorrow and tomorrow must be better
    once again walk immediately..dont throw away your time
    before late
    happy new year twentyten…membara 2010

  7. pelangi itu memang sangat indah di pandang..terjadinya pun tidak setiap waktu….
    warnanya yang kontras membuat kita begitu senang memandangnya….

    seperti lagunya :”pelangi-pelangi alangkah indahmu….”

    uraian di atas bener-bener bermanfaat kang… :D

  8. Kang Dede ini emang pecinta fisika. Terus berkarya kang. ilmu2 kaya gini bukan cuma dibutuhkan para pelajar tapi kitapun sepertinya perlu untuk tambah pengetahuan neh.

  9. Secerah mentari PAGI indah bersemi di pagi hari.. semoga hari para sahabat semuanya indah dan semakin indah karena hati yang penuh dengan ucapa syukur nikmat dan tarikan napas yang merasakan kenikmatan dan keleZATanNYA

  10. Konon, pelangi adalah tangga bagi para bidadari yang turun ke dunia untuk mandi di telaga.
    Kalau itu benar, pasti banyak para pemuda yang mau menjadi Joko Tarub.

    Saya sangat terkesan kalau ada pelangi yang nampak dengan begitu jelasnya

  11. pagi mas ddk..
    apa kabar
    wah s010 udah ganti themes ya dan rata-rata udah biru semaunya..

    biru-biru alangakah indahnya e salah ya pelangi-pelangi ya

    heheheheheh
    salam terhebat buat mas ddk

  12. wah komen nya rame ya..
    kayak pelangi..

    beragam banget…
    ada kang Alam dengan dengan pertamaxx sampai kelimaxx nya, ada kangBoed dengan emoticon nya…
    weleh..weleh.. lucu juga :-)

    mhm..pelangi ya kang???
    bener, setuju dengan kang Den Hanafi..
    asa dah lama ga liat pelangi..

  13. haddiirrr….

    hihihii.. pelangi alangkah indahmu….

    kalo kita ingin liat pelangi… tinggal nunggu hujan terus berharap ada matahari menyinari… seperti kehidupan aja ya…
    hihihi…

    cu…

  14. pelangi pelangi alangkah indahmu
    merah kuning hijau di langit yang biru
    pelangi pelangi ciptaan Tuhan

    katanya kalo ada pelangi berarti bidadari lagi mandi tapi kok ngak keliatan ya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s