Ilmuwan-ilmuwan Terkenal di Dunia

KEMAJUAN suatu ilmu akan mempunyai arti apabila seorang ilmuwan mampu mengomunikasikan penemuannya kepada ilmuwan-ilmuwan lainnya melalui suatu penjelasan yang dapat dimengerti. Ilmu pengetahuan tidak akan berkembang jika para ilmuwan mendiamkan hasil penelitiannya dan tidak mewariskan ilmunya kepada generasi selanjutnya. Diantaranya sebagai berikut:

Galileo Galilei (1564-1642)

Seorang ahli fisika, filsafat, astronomi, dan matematika alami dari Italia yang memberikan andil mendasar dalam bidang gerak, astronomi, kekuatan bahan, dan sampai perkembangan metode saintifik. Perumusannya tentang inersia, hukum benda jatuh bebas, dan lintasan parabola merupakan awal dari perubahan mendasar dalam pelajaran tentang gerak. Dia juga yang mengatakan bahwa buku alam harus ditulis dalam kalimat matematika sehingga mengubah filsafat yang biasa diungkapkan hanya dengan kata-kata menjadi kalimat matematika. Pada akhirnya, penemuan teleskopnya membuat revolusi di bidang astronomi, dan membuka jalan baru terhadap diterimanya sistem heliosentris dari Copernicus. Dengan teleskop tersebut, dia dapat mengamati bintik matahari, lembah, dan gunung di permukaan bulan, keempat satelit terbesar dari planet Yupiter, dan fase-fase planet Venus. Selain teleskop, Galileo juga yang menemukan termometer.

Marin Mersenne (1588-1648)

Seorang ahli matematika, filsafat, dan teologi dari Prancis. Di bidang fisika, dia mencoba mengukur kecepatan-kecepatan bunyi dengan menggunakan echo (gema). Selain itu, dia juga mengukur frekuensi gelombang pada dawai. Di bidang matematika, dia menemukan perumusan untuk mencari bilangan prima.

Sir Issac Newton (1624-1777)

Seorang ahli fisika dan matematika dari Inggris. Karyanya yang sangat menonjol di bidang fisika adalah hukum-hukum tentang gerak dan hukum gravitasi universal. Selain itu, dia juga berperan di bidang optik. Di bidang matematika, dia banyak menekuni kalkulus.

Robert Boyle (1627-1691)

Seorang ahli filsafat alami, penulis teologi Inggris dan merupakan tokoh dari abad ke-17 yang disegani. Dia lebih dikenal sebagai ahli filsafat, khususnya di bidang kimia, tetapi karyanya meliputi berbagai disiplin ilmu, yaitu hidrostatis, fisika, ilmu bumi, sejarah alam, dan kimia nonsains. Dia terkenal berkat penemuan Hukum Boyle. Dia termasuk orang yang disegani dalam pembentukan Royal Society “Invisible College”, suatu organisasi yang dikhususkan untuk pengembangan sains. Dia juga seorang pelopor dalam menggunakan eksperimen dan metoda sains untuk menguji teorinya. Dia juga yang menemukan korek api.

Andreas Celsius (1701-1744)

Ahli astronomi Swedia. Dialah yang mengusulkan Termometer Celsius yang membagi antara titik beku air dan titik didih air menjadi 100 skala. Sebagai penghargaan, satuan temperaturnya yaitu derajat Celsius, diambil dari namanya.

James Watt (1736-1819)

Seorang penemu dari Skotlandia. Karyanya yang paling terkenal ialah penyempurnaan mesin uap yang telah dibuat oleh Thomas Savery dan Thomas Newcomen dari Inggris, sehingga dapat digunakan untuk memompa air dari sumur. Selain itu, dia juga banyak terlibat dalam pembuatan saluran air. Namanya diabadikan sebagai satuan daya, yaitu watt yang setara dengan joule per sekon.

Antoine Laurent Lavoister (1743-1794)

Kimiawan Prancis yang dijuluki Bapak Kimia Modern. Dia yang mengusulkan tata nama kimia, menemukan perbedaan unsur dan senyawa, menulis buku pelajaran kimia pertama. Dia juga yang mula-mula mengetahui pentingnya oksigen untuk pernapasan dan pembakaran. Selain menguasai ilmu kimia, dia juga ahli ekonomi, ahli pertanian, ahli eksperimen, dan seorang pegawai pemerintahan yang brilian. Sejak kecil ia menderita penyakit pencernaan yang kronis. Dia terpaksa banyak tinggal di rumah. Namun, dia pantang menyerah. Dia mempelajari banyak hal dan selalu ingin memperbaiki keadaan dalam keterbatasannya. Pada usia 23 tahun, dia menulis esai mengenai penerangan kota. Esai cemerlangnya itu mendapatkan penghargaan berupa medali emas dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Prancis. Dia diangkat sebagai anggota lembaga itu pada usia 25 tahun.

John Dalton (1766-1844)

Seorang tukang tenun yang miskin. Dia sudah mulai mengajar pada usia 12 tahun. Dalton menghabiskan sebagian besar umurnya di Kota Manchester, mengajar tata bahasa dan sains. Semula, minat utamanya adalah meteorologi. Dia terdorong untuk mempelajari perihal gas, sehingga pada akhirnya dia demikian terkenal dengan rumusan teori atomnya.

Thomas Young (1773-1829)

Seorang ilmuwan Inggris yang menekuni fisika, kedokteran dan peninggalan purbakala Mesir. Karyanya yang paling menonjol ialah dalam bidang optik, yaitu penemuan sifat gelombang cahaya melalui pengamatan peristiwa interferensi. Selain itu, dia juga mempelajari elastisitas dan gejala kapilaritas. Di bidang sejarah, dia juga ikut berperan dalam menjelaskan tulisan hieroglif Mesir yang ditulis dalam Rosetta Stone.

Joseph Louis Gay-Lussac (1778-1850)

Kimiawan asal Prancis, penemu Hukum Gay-Lussac, sianogen, hidrometer, alkoholmeter, pelopor penelitian sifat-sifat as dan teknik analisis kimia, serta salah seorang perintis meteorologi. Dia juga yang menerbangkan balon cuaca pertama di dunia. Setahun setelah lulus dari Politeknik Paris, ia ditawari pekerjaan oleh Claude-Louis Berthollet, seorang kimiawan Prancis yang terkemuka. Berthollet mempunyai laboratorium sendiri dan memimpin sekelompok ilmuwan muda di daerahnya. Gay-Lussac mengadakan banyak riset bersama Berthollet dan Pierre Simon Laplace, dua ilmuwan yang dibiayai dan dilindungi Napoleon Bonaparte.

Michael Faraday (1791-1867)

Ahli fisika dari Inggris. Eksperimennya sangat membantu dalam memahami elektromagnetisme. Mulanya dia adalah seorang ahli kimia yang banyak menemukan senyawa organik, di antaranya benzena, yang merupakan gas pertama yang dapat dicairkan dari wujud gas. Karyanya yang paling utama tentunya di bidang listrik magnet. Dialah yang pertama kali memperkenalkan arus listrik dari medan magnet dan dia juga yang menemukan dinamo.

Nikola Tesla (1856-1943)

Seorang ahli fisika, insinyur listrik, serta penemu motor dan AC dari Amerika kelahiran Serbia. Dia merupakan salah seorang pelopor dalam penggunaan listrik arus bolak-balik. Dia juga menemukan kumparan Tesla, suatu transformator yang ia temukan 1891, yang banyak sekali digunakan dalam radio, televisi, dan peralatan listrik lainnya.

Albert Einstein (1879-1955)

Ahli fisika Amerika-Jerman yang mengembangkan teori relativitas umum dan khusus. Dia memperoleh hadiah nobel di bidang fisika 1921, berkat penjelasannya tentang efek fotolistrik. Di awal abad ke-20, dia mengeluarkan sederetan teori yang mengajukan cara pandang baru tentanga ruang, waktu, dan gravitasi. Teorinya tentang relativitas dan gravitasi memberikan loncatan ke depan sekaligus merupakan revolusi terhadap pertanyaan filsafat dan sains.

Irving Langmuir (1881-1957)

Ahli kimia-fisika dari Amerika dan pemenang nobel berkat karyanya di berbagai bidang di kimia teori dan terapan. Penelitiannya di bidang fisika awan mengantarnya untuk membuat hujan buatan dengan menabur perak iodida dan karbondioksida pada awan hujan. Dia kembali memperoleh nobel, berkat penelitiannya mengenai film molekuler dan permukaan zat cair, yang membuat terbukanya bidang baru dalam penelitian tentang koloid dan biokimia. Selain itu, dia juga seorang penemu kawat pijar.Sumber: Ensiklopedia**

About these ads

137 comments on “Ilmuwan-ilmuwan Terkenal di Dunia

  1. PROF. DR. HANS VON AIBERG

    Hans von Aiberg adalah seorang ilmuwan, intelektual, penulis, futurolog dan jurnalis. Ia dilahirkan pada 14 Feb 1945 di Thornshavn, Far Öer. Dia belajar Cosmology dan Cosmogony (asal usul alam semesta) di Freiburg dan Universitas Kopenhagen. Di banyak pusat ilmiah ia bekerja sebagai peneliti dan dosen. Ia memilih ‘Khaniff Islam’ sebagai agama dan memilih untuk menjadi Turk sebagai kebangsaan. Dia mengetahui Turkology, religious folklore dan Islamic sciences dengan sangat baik. Ia menyebabkan ribuan atheists, lebih dari 120 nonmuslims untuk beriman kepada Allah, untuk menjadi muslim dan menjadi Turk. Karena prinsip nya yakni to remain silent and deep, hingga ia berusia 40, sementara ia mengakumulasi scientific and religious knowledge, ia menghindari ‘Worldly Fame’ yang ia definisikan sebagai ‘The Aristocracy of Science’. Dalam periode itu ia melanjutkan penelitiannya tanpa propaganda, iklan, dengan kesederhanaan yang sesuai dengan Islamic modesty dan scholar discipline. Disamping expertise fields nya, to complete his specialization in religion, ia menghindari dari menjadi ‘popular’. Pada awalnya, karena dia secretly muslim, he was shown a great interest by the international platform, tetapi ketika ia mengungkapkan bahwa dia adalah muslim, the scientific mafia in the hands of the Old Testament and the Crusading mentality censured his successes and prevented him from being mentioned about. He summarised his relations with the world against the Nobel, Mafia and the tricks of the officials as follows:
    ‘ The biggest prize adalah menjadi seorang muslim dan ini diberikan oleh ALLAH. ALLAH CUKUP BAGI KITA! ‘

    Dia adalah salah satu dari 6 pakar blackhole di dunia. Dia adalah satu-satunya pakar whitehole di dunia, saat ini, karena Jorge Louis BORGES meninggal pada tahun 1986. Dia sendiri membuat Whitehole, Horn Hole, Aetherodynamics, Tachyodynamics theorems. Dia menemukan 5. mathematical operation yang mana menggabungkan bilangan concrete dan bilangan abstract. He theorised the transinfinite mathematics. Dia adalah the founder of TOE = Theory of Everything, the deductive ‘Super Unified Fields’, 10 dimensional quants=Super Strings (or mini tunnels) theories. Dengan Hawking, mereka menghasilkan temuan umum tentang ‘the blackhole vaporisation and the singular creation of the universe’. By making laboratory studies about ‘Kirlian Photography’, he took the photograph of the ’Self’ and besides he put forth the thesis of fifth dimension=conscience and he proved it with fifth operation. Besides his theoretical findings, he is also an inventor. He discovered the algorithm and the analog systems in computers and the digital uses of the liquid chrystals. The ovens cooking meals with infrared microwaves in the space kitchen, the teflon matter which don’t hold dirt, the undangerous detergent etoksilate were discovered by a team which was managed by him. His fundamental drawings about the production of 3 dimensional Hologram TV=Holovision with laser ray is about to be developed. Di media luar negeri dan dalam negeri dia menulis artikel dengan nama asli dan nama panggilan. (Omni, Unexpected, Unknown) He took place in the domestic media, in scientific magazines and periodic publishings. Although he became the editor-in-chief, the general publishing consultant and the editing coordinator in the most-selling newspapers, unfortunately he was known with his mystic features in which the readers were mostly interested. He quit his job sorrowfully, because his knowledge which was based on Kuran wasn’t distinguished from fortune-telling which didn’t have any scientific base. Besides the whole of the applied sciences, Dr. Hans Aiberg knows much about the parapsychology-psychology and social sciences. He showed his talents in almost every branch as journalist with countless articles. Our writer shouldn’t be supposed as mechanic, rigid, and only a scientist. He expressed various excitements from witty remark writing to the orchestra leadership in ‘age groups’. Besides the Turkish literature, he is specialised in the Turkish music. He plays various musical instruments. Our writer knows 11 languages other than Turkish.

  2. Tiada bosan bosannya mengajak sahabatku untuk melangkah….

    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”

    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

  3. Ping-balik: kangBoed » TOP Spammer AWARD so Nais

  4. MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS NAMA PERSAHABATAN DAN PERSAUDARAAN

    SEMOGA DENGAN BERJALANNYA WAKTU SEMAKIN MEMPERSATUKAN KITA SEMUA.. TIDAK MELIHAT SIAPA KAMU.. APA AGAMAMU.. APA MAZHABMU.. TETAPI DENGAN MENYADARI KITA BERASAL DARI YANG SATU..

    SALAM SAYANG SELALU

  5. Assalamu’alaikum,
    Kang bagaimana kalau menulis ilmuan-ilmuan negeri kita sendiri, walau pun mereka tidak mendunia. Kita kan selama ini lebih kenal dengan Newton, Watt, Galileo, saparkanca.

    Nuhun Pak Guru.

    Salam

  6. Salam Takzim
    Ada oleh-oleh dari ilmuwan sumedang nih kang
    Ayoo anak-anak buka halaman 13, perhatikan ddisana ada kamar kosong, karena semua penghuni tidak berani memasuki kamar itu, ayoo siapa yang bisa menjawab ada apa dengan kamar itu..
    Alif menjawab; itu kamar pembantu pak, karena dia lagi pulang kampung..
    Ba beda lagi menjawab itu kamarnya kalau hujan bocor pak,
    Ta menyambung lagian disana ga ada tv_nya pak
    Tsa angkat bicara kamar itu lampunya mati.
    Jin tertawa, hahahaha itu kamar saya pak
    Maap
    Salam Takzim Batavusqu

  7. maa haza la a’rifu maa za antum takalamuuna hayaa nahnu nasta’milu lugatul ‘arabiyah kay a’rifu ma antum takalamuuna na’am ana urid kaa haa zaa

  8. penjelasan ilmuannya ditambahin dun….

    biar jelas bgt… pake beberapa contoh penemuannya… :)

    sejarah masa kecilnya juga…..

  9. ilmuan pun tax hrus selalu berpenddikn tnggi’
    bnyak diantara kita xg mmlki pnddkn tnggi namun tax bnyak pula yang diberikan utk orng lain
    namun diantara kita mzih ada org xg trkdang tax dianggap,namun ia bz mmbrikan suatu hal xg baik bgi masyarkat dxtarny
    n’ tntu hal trpnting ddlm dri seorg ilmwn adl ktk ia bz mmpn driny n mncptkn sswt xg brmnfaat utk orla.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s